Wednesday, October 28, 2015

Penggunaan Situs Web Aspirasi Kota Bogor

Pada post kali ini saya akan membahas bagaimana pengalaman saya terkait salah satu sistem pemerintahan online yang merupakan termasuk salah satu sistem e-goverment terbaik di Indonesia. http://aspirasi.kotabogor.go.id. Situs Aspirasi Kota Bogor ini secara menyeluruh bertujuan menampung berbagai macam aspirasi masyarakat, yang memberikan kemudahan bagi Warga Bogor untuk memberikan aspirasinya melalui beberapa media, seperti SMS, Twitter, Call Center maupun website itu sendiri.
Untuk memberikan aspirasinya, Warga merupakan Warga Kota Bogor yang memiliki kepentingan untuk kelangsungan pembangunan di Kota Bogor. Selain itu Warga yang ingin memberikan aspirasi dapat mendaftarkan terlebih dahulu di formulir pendaftaran.
Untuk aspirasi melalui SMS, karakter yang diperbolehkan adalah 160 karakter sehingga berikan pertanyaan, pengaduan atau saran secara efektif dan efisien. Pesan akan terkirim dan akan di moderasi oleh operator pengaduan di Kota Bogor. Untuk tanggapan singkat dapat melalui SMS atau untuk media yang masuk selain SMS dapat dipantau melalui media website.

Berikut tampilan awal Website Aspirasi Kota Bogor
dapat kita lihat bagaimana berbagai macam fungsi menu yang terdapat di situs tersebut. Agar kita dapat melakukan pengaduan, terlebih dahulu lakukan registrasi. anda dapat mengklik kotak kuning disebelah kiri yang bertuliskan kirim aspirasi anda

Klik untuk melakukan registrasi
Tampilan apabila kita sudah memiliki akun lalu Login
Isi Data Pribadi
Mulai dari tanggal 19 Oktober saya mencoba Registrasi namun selalu gagal karena entah kenapa Captcha yang saya masukkan selalu salah padahal saya sudah memasukkan dengan benar. lalu pada tanggal 23 Oktober saya coba kembali kemudian berhasil mendaftar. Namun masalah lain terjadi. Pada saat selesai mendaftar, kita dapat melakukan login jika telah menerima verifikasi email bahwa pendaftaran telah berhasil. Namun saya periksa inbox  email saya, tidak terdapat email masuk dari Aspirasi Kota Bogor. Dan ternyata setelah saya periksa Spam email saya, baru terdapat email verifikasi dari Aspirasi Kota Bogor

Isi email verifikasi dari Aspirasi Kota Bogor

Setelah berhasil saya verifikasi, saya pun dapan melakukan login. saat berhasil login, tampilan yang muncul pada situs Aspirasi Kota Bogor seperti ini.


Beberapa menu pilihan terkait apa pengaduan yang akan kita adukan

Saya pun memilih menu Jalan Lingkungan sebagai aspirasi yang akan saya adukan. Berikut aspirasi saya
Wadah pengaduan

Setelah saya merasa cukup dengan aspirasi saya, saya pun mengirimnya tidak lupa disertai dengan foto terkait pengaduan yang saya ajukan. setelah berhasil terkirim, aspirasi saya masuk ke Histori aspirasi saya.

Aspirasi saya berhasil disalurkan


Beberapa hari selanjutnya saya melihat bagaimana perkembangan aspirasi saya apakah mendapat tanggapan atau tidak, ternyata sampai Rabu, 28 Oktober 2015 tanggapan saya belum juga terbalaskan


Berikut sampai saat ini hasil yang saya terima


Sekian pengalaman saya terkait pengaduan melalui Aspirasi Kota Bogor. Saya merasa masih kurangnya koordinasi sistem karna kurang tanggapnya dalam membalas aspirasi masyarakat. seharusnya ada pemberitahuan yang pasti dalam estimasi waktu berapa hari tanggapan masyarakat akan segera di balas. semoga informasi yang saya berikan bermanfaat:)

3 comments:

putrimpm said...

saya setuju dengan pendapat anda mengenai masalah website tersebut. Yang saya alami selama menggunakan Website Apirasi Bogor, diantaranya seperti captcha tidak berfungsi(berfungsinya beberapa hari kemudian), lalu masalah verifikasi email,sampai saat ini saya belum bisa login dan mengirim pengaduan saya di website tersebut tetapi anda dan beberapa oranglainnya sudah bisa melakukan login, dan kemudian saya mengirim lewat email tapi juga tidak ada tanggapan balasan email. Website ini memang kurang adanya koordinasi pemerintah.

Annisa Rahmawaty said...

saya juga sama seperti anda awalnya susah masuk ke website ini dan sering terjadi gagal koneksi baru sekarang webite ini dapat digunakan dengan baik

pritawidyaningtyas.wordpress.com said...

Informasi anda sangat bermanfaat, semoga Pemerintahan Kota Bogor cepat memberi tanggapan atas pengaduan anda