Pada post kali ini saya akan membahas bagaimana pengalaman saya
terkait salah satu sistem pemerintahan online yang merupakan termasuk
salah satu sistem
e-goverment terbaik di Indonesia.
http://aspirasi.kotabogor.go.id. Situs Aspirasi Kota Bogor ini secara menyeluruh bertujuan menampung berbagai macam aspirasi masyarakat, yang
memberikan kemudahan bagi Warga Bogor untuk memberikan aspirasinya
melalui beberapa media, seperti SMS, Twitter, Call Center maupun website
itu sendiri.
Untuk memberikan aspirasinya, Warga merupakan Warga Kota Bogor yang
memiliki kepentingan untuk kelangsungan pembangunan di Kota Bogor.
Selain itu Warga yang ingin memberikan aspirasi dapat mendaftarkan
terlebih dahulu di formulir pendaftaran.
Untuk aspirasi melalui SMS, karakter yang diperbolehkan adalah 160
karakter sehingga berikan pertanyaan, pengaduan atau saran secara
efektif dan efisien. Pesan akan terkirim dan akan di moderasi oleh
operator pengaduan di Kota Bogor. Untuk tanggapan singkat dapat melalui
SMS atau untuk media yang masuk selain SMS dapat dipantau melalui media
website.
|
Berikut tampilan awal Website Aspirasi Kota Bogor
|
|
dapat
kita lihat bagaimana berbagai macam fungsi menu yang terdapat di situs
tersebut. Agar kita dapat melakukan pengaduan, terlebih dahulu lakukan
registrasi. anda dapat mengklik kotak kuning disebelah kiri yang
bertuliskan kirim aspirasi anda
|
Klik untuk melakukan registrasi
|
|
|
Tampilan apabila kita sudah memiliki akun lalu Login
|
|
Mulai
dari tanggal 19 Oktober saya mencoba Registrasi namun selalu gagal
karena entah kenapa Captcha yang saya masukkan selalu salah padahal saya
sudah memasukkan dengan benar. lalu pada tanggal 23 Oktober saya coba
kembali kemudian berhasil mendaftar. Namun masalah lain terjadi. Pada
saat selesai mendaftar, kita dapat melakukan login jika telah menerima
verifikasi email bahwa pendaftaran telah berhasil. Namun saya periksa
inbox email saya, tidak terdapat email masuk dari Aspirasi Kota Bogor.
Dan ternyata setelah saya periksa Spam email saya, baru terdapat email
verifikasi dari Aspirasi Kota Bogor
|
Isi email verifikasi dari Aspirasi Kota Bogor
|
|
Setelah
berhasil saya verifikasi, saya pun dapan melakukan login. saat berhasil
login, tampilan yang muncul pada situs Aspirasi Kota Bogor seperti ini.
|
Beberapa menu pilihan terkait apa pengaduan yang
akan kita adukan
|
|
Saya pun memilih menu Jalan Lingkungan sebagai aspirasi yang akan saya adukan. Berikut aspirasi saya
Setelah
saya merasa cukup dengan aspirasi saya, saya pun mengirimnya tidak lupa
disertai dengan foto terkait pengaduan yang saya ajukan. setelah
berhasil terkirim, aspirasi saya masuk ke Histori aspirasi saya.
|
Aspirasi saya berhasil disalurkan
|
|
Beberapa
hari selanjutnya saya melihat bagaimana perkembangan aspirasi saya
apakah mendapat tanggapan atau tidak, ternyata sampai Rabu, 28 Oktober
2015 tanggapan saya belum juga terbalaskan
|
Berikut sampai saat ini hasil yang saya terima
|
|
Sekian
pengalaman saya terkait pengaduan melalui Aspirasi Kota Bogor. Saya
merasa masih kurangnya koordinasi sistem karna kurang tanggapnya dalam
membalas aspirasi masyarakat. seharusnya ada pemberitahuan yang pasti
dalam estimasi waktu berapa hari tanggapan masyarakat akan segera di
balas. semoga informasi yang saya berikan bermanfaat:)
3 comments:
saya setuju dengan pendapat anda mengenai masalah website tersebut. Yang saya alami selama menggunakan Website Apirasi Bogor, diantaranya seperti captcha tidak berfungsi(berfungsinya beberapa hari kemudian), lalu masalah verifikasi email,sampai saat ini saya belum bisa login dan mengirim pengaduan saya di website tersebut tetapi anda dan beberapa oranglainnya sudah bisa melakukan login, dan kemudian saya mengirim lewat email tapi juga tidak ada tanggapan balasan email. Website ini memang kurang adanya koordinasi pemerintah.
saya juga sama seperti anda awalnya susah masuk ke website ini dan sering terjadi gagal koneksi baru sekarang webite ini dapat digunakan dengan baik
Informasi anda sangat bermanfaat, semoga Pemerintahan Kota Bogor cepat memberi tanggapan atas pengaduan anda
Post a Comment